Saya dan Anda adalah makhluk sosial cerdas yang di ciptakan Tuhan untuk mengetahui dan mempelajari segala yang ada di bumi ini, tak ada kata saya tidak bisa atau saya tidak tahu, "selama ada m'bah Google" Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan anda. bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA !!! DI SINI

Cara Mendapatkan Diskon 99 % di Lazada

Cara Mendapatkan Hadiah dari BukalapaK

Translate

Selasa, 21 Maret 2017

Cara Merakit dan Memperbaiki Skateboard Sendiri Di Rumah

Banyak sekali pilihan Skateboard yang di jual di pasaran, Tak hanya skateboard yang sudah siap di pakai, tetapi juga masih dalam bentuk komponen atau part, bisa bagian Deck saja, Bagian Truck saja atau bahkan hanya bagian Bearing dan Rodanya ( Wheels ) saja, tak hanya itu, selain part yang di sebutkan di atas masih ada bagian - bagian komponen pendukung tak kalah penting fungsinya dalam sebuah skateboard yaitu Bushing, Riser pad dan Hardware Lainnya. Bagi anda pecita olah raga skateboard bagian - bagain yang baru saja kita sebutkan tentu saja tidak asing lagi, tetapi bagaimana dengan para pemula yang baru ingin belajar merakit skateboard kesayangan-nya, anda tidak perlu khawatir, dalam artikel ini, kami akan berusaha memberikan panduan lengkap untuk merakit skateboard anda menjadi skateboard yang keren. Apakah anda sudah siap ? Sebelum anda mencoba mulai merakitnya, mari kita saksikan salah satu Video Tutorial berikut ini yang akan membuka wawasan anda, bahwa merakit skateboard sendiri dan bahkan memperbaiki Skateboard yang rusak sendiri itu sangat mudah, selamat menyimak :







Selanjutnya anda bisa mempelajari Bagian - Bagian dari skateboard yang anda miliki saat ini, ada baiknya anda juga mengetahui cara merakitnya serta mengganti bagian - bagian yang rusak suatu hari nanti, sebelumnya mari kita kenali dulu jenis - jenis dan merek - merek skateboard yang bisa anda dapatkan di Indonesia, Informasi Lengkapnya silahkan anda klik di -->  SINI

Atau Bisa Anda Cek di ---> 
SINI



Beberapa contoh, merek dan model skateboard yang komponenya berkwalitas baik dan berstandar internasional bisa anda simak selengkapnya di --> SINI




Selanjutnya Mari Kita Pelajari Terlebih Dahulu Bagian - Bagian Atau Part dari Skateboard Anda !

Bagian-bagian Skateboard





Kalian mungkin sudah tahu apa itu skateboard seperti dari sisi bentuknya yaitu papan yang memiliki 4 buah roda. Meluncur, melayang, berputar dan mendarat dengan indah bisa kita lakukan dalam olahaga skateboard ini. kita juga harus memperhatikan bagian-bagin pada skateboard tersebut.



Berikut ini adalah bagian–bagian dari skateboard:



Deck






Deck adalah papan yang digunakan dalam skateboard. Terbuat dari kayu maple yang biasanya terdiri dari 7 sampai 9 lapisan kayu yang direkatkan dengan lem dan dipress kedalam wadah press an untuk membentuk concaves.concaves adalah lekukan pada deck.






Griptape





Deck harus ditambah dengan griptape yang berguna agar tidak licin saat kita menggunakan skateboard. Bentuknya seperti kertas ampelas yang di tempel pada deck.






Truck













Berguna sebagai penyangga antara deck dan wheel. Pada truck tersebut terdapat karet suspense yang bernama


Bushing




yaitu potongan urethane yang berbentuk donat dan diletakkan dikingpin.bushing terdapat pada pada gambar disamping yang berwarna kuning, disetiap truck terdapat 2 bushing. Busing diletakkan diantara hanger satu diletakkan dibawah hanger dan satunya diletakkan diatas hanger.bushing bisa dikencangkan atau dikendorkan sesuai dengan jenisnya ada yang hard yaitu yang keras atau yang soft lebih lembut.




Bearing





Yaitu benda yang berfungsi sebagai poros putaran wheel, bearing terdiri dari 6-8 bola yang dilindungi oleh penahan. Satu roda membutuhkan 2 bearing, Jadi untu 4 roda membutuhkan 8 bearing. Bearing tersebut memiliki penilai ABEC mengikuti angka 1,2,3,4,5,6,7,8,9 semakin tinggi nilai ABEC semakin cepat






Wheels








Roda yang terdapat pada skateboard biasanya terbuat dari poliuretan. Bermacam-macam ukurannya

Street: biasanya ukuran 48-55 mm dengan tingkat kekerasan 97-101a.

Vert: ukuran 55-65 mm dengan kekerasan 95-100a









Riser pad






Riser pad adalah palstik berbentuk persegi yang diletakkan diantara truck dan decks.riser berfungsi untuk meredam tekanan gravitasi dan membuat papan awet




Hardware





Hardware Skateboard Terdiri dari baut dan mur untuk memasangkan deck dan truck. Hardware tersedia dalam berbagai ukuran panjang untuk pemasangan truk dengan atau riser.



Secara Singkat dapat di Jelaskan Bagaimana cara Merakit Sebuah Skateboard sehingga aman ketika di gunakan oleh anda untuk meluncur. Silahkan di simak berikut ini Langkah - Langkah singkatnya :


1. Pasangkanlah grip tape pada Papan
2. lubangi lubang yang ada di deck
3. sebelum memasangkan wheel kita pasangkan dulu Bearing atau klaharnya
4. pasangkan wheel pada truck
5. Kencangkan dengan memutar bautnya Agar tidak leaps



Bangaimana Memperbaiki Skateborad yang Mulai Rusak dan Tidak nyaman saat di gunakan ?



Jika anda memiliki skateboard / long board dan merasa bahwa rodanya sudah berjalan tidak begitu lancar atau anda baru saja membeli roda skate tapi belum beserta dengan bearing-nya, maka anda harus melakukan bongkar pasang bearing pada roda skateboard.

Ternyata untuk mengganti bearing (klaher) pada roda skateboard (wheels) sangatlah mudah, tidak perlu alat khusus, karena alat yang diperlukan hanyalah kunci pas untuk membuka mur (lock nut) pada truck.

Tahap 1: Buka Mur (lock nut) Pengikat Roda Skate board

Untuk membuka mur, caranya dengan memutar ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam). Kalau skateboard saya yang menggunakan truck merk Slant, locking nut / mur-nya berukuran kunci nomor 13.

Tahap 2: Lepas Satu Buah Bearing
Setelah mur terlepas, keluarkan spacer (semacam ring kecil) dan simpan jangan sampai hilang.

Dalam satu roda skateboard menggunakan dua buah bearing.

Untuk melepas bearing, tarik roda ke atas, tapi jangan sampai roda terlepas. Posisikan roda sampai kira-kira ujung besi dari truck "nyangkut" di salah satu bearing saja.

Setelah itu miringkan roda skateboard ke arah kiri atau kanan. Jadi ujung besi truck digunakan sebagai pencongkel.

Tahap 3: Lepas bearing satunya lagi
Setelah satu bearing terlepas, balik roda skateboard lalu lakukan seperti tahap kedua untuk melepas bearing yang berada di sisi satunya.

Tahap 4: Bersihkan / ganti bearing roda skateboard
Setelah bearing terlepas, bersihkan bearing dari kotoran yang mengganggu. Sebaiknya gunakan cairan khusus pembersih bearing, bisa juga menggunakan citrus oil. Tapi bila tidak ada, bisa menggunakan minyak kayu putih.

Tahap 5: Lumasi / kasih oli bearing
Untuk hal ini juga sebaiknya gunakan oli yang memang diciptakan khusus untuk bearing. Bisa dicari di toko seperti Ace Hardware, dsb. Sekedar saran, untuk bearing yang sudah tua, jangan menggunakan cairan oli seperti WD40, karena kemungkinan di bearing yang sudah tua memiliki sedikit / banyak karat. Kalau disemprot WD 40 yang memiliki kemampuan menghancurkan karat justru akan sekalian "menghancurkan" bearing-nya.

Tahap 6: Pasang kembali bearing Pada Skateboard Wheels.
Untuk memasangnya sangat mudah, tinggal masukkan bearing ke dalam Truck setelah itu masukkan roda skateboard lalu tekan roda ke arah bawah sampai bearing terpasang kuat.

Lakukan hal serupa untuk bearing satunya. Terkadang antara satu bearing dengan yang lain ada semacam pipa penghubung (terletak di tengah-tengah kedua bearing). Jika ada pipa tersebut, jangan lupa untuk dipasang. Karena bearing akan lebih awet dan kuat jika ada pipa di tengahnya.

Tapi jika dari bawaannya tidak ada, maka tidak perlu dipasang.








Tahap 7: Kencangkan mur / locking nut secukupnya
Setelah bearing terpasang dengan baik pada roda skatboard, maka anda tinggal mengencangkan mur pengikat dengan cara memutar ke arah kanan (searah jarum jam). Jangan lupa untuk memasang spacer / ring besi sebelum lock nut.

Mur tidak perlu dipasang sampai kencang sekali, karena kalau dikencangkan justru roda tidak akan berjalan dengan baik.

Yang perlu diperhatikan adalah, anda harus menggunakan jenis locking nut atau mur yang dapat mengunci sendiri. Jangan menggunakan mur biasa karena sangat berbahaya dan bisa terlepas sendiri.


--> SELANJUTNYA

Loading...