Mencari Tahu Bagaimana Proses Pembuatan Knalpot Motor
Tahukah anda bahwa bahan dasar pembuatan knalpot biasa diproses dari bahan drum bekas dan diberi lapisan bahan anti karat, namun ada juga knapot yang bahan dasarnya terbuat dari plat stainless stell, dan berdasarkan skema proses pembuatan knalpot di tingkat industri usaha kecil menengah ( UKM ) ternyata proses pembuatan knalpot khususnya knalpot motor tidaklah sulit. secara garis besar bisa kita produksi sendiri di bengkel kita dengan peralatan - peralatan yang sederhana. Seiring pertumbuhan kendaraan di indonesia yang sangat pesat terlebih kendaraan roda dua ( sepeda motor ) tentu saja permintaan pasar akan knalpot juga akan meningkat, apalagi knalpot yang di produksi bentuknya unik dan memiliki fungsi peredam panas dan peredam suara letupan mesin dengan baik. Jika anda tertarik bergelut di industri pembuatan knalpot, maka tidak ada salahnya anda menyimak artikel ini sampai tuntas, paling tidak ada sedikit gambaran bahwa memproduksi knalpot itu tidak sulit.Agar wawasan anda lebih terbuka seputar proses pembuatan knalpot motor silahkan gali informasi sebanyak - banyaknya bersama kami di sini.
Ternyata ada banyak sekali Knalpot Non Standart yang keren - keren modelnya dengan harga yang terjangkau dan kwalitas yang terjamin, sebelum anda memutuskan untuk belajar membuat knalpot dan memproduksinya secara massal dengan skala home indutri, ada baiknya anda menyimak terlebih dahulu contoh - contoh knalpot motor yang sedang trend dan di gemari para pecinta otomotif di indonesia, Untuk contoh - contoh model produk knalpot motor yang lebih lengkap dengan bahan dasar yang berkwalitas hingga bahan dasar serat karbon, serta pada umumnya ada di indonesia dan mudah didapatkan di pasaran, Knalpot atau jika di artikan dalam bahasa indonesia disebut sebagai Saringan Udara, memiliki rumus perhitungan agar knalpot yang anda buat dapat berfungsi dengan maksimal, silahkan anda simak rumusnya di bawah ini :
RUMUS PERHITUNGAN UKURAN KNALPOT
L = ( 850 x ET ) / MAX RPM – 3
L = panjang pipa knalpot yang akan dibuat
ET = Exhaust Timing, kapan klep buang mulai membuka sebelum TMBMAX
RPM = RPM yang dimau untuk mendapatkan puncak tenaga
Contoh : Jika Mesin motor anda timing exhaust mulai membuka 80 derajat sebelum TMB , maka perhitungannya adalah
L = ( 850 x 260 ) / 10,000 – 3L = 19.1 inches = 485 mm
Kemudian kita akan mementukan diameter pipa knalpot yang dibutuhkan adalah sbb :
D = sqrt ( CC / ((L + 3) x 25) ) x 2.1
D adalah diameter pipa yang diinginkan
CC adalah kapasitas silinder
L adalah panjang knalpot
Maka diameter pipa knalpot untuk motor anda adalah :
D = sqrt ( 171 / ((19.1 + 3 ) x 25) ) x 2.1
D = 29
mmsqrt = 0.317 = 0.563
Gambaran Model Knalpot :
Ukur sepeda motor anda dari sambungan pipa pada mesin kepala
ke kaki pasak dan kemudian ke belakang, jangan lupa buat gambar sketsa bentuk
dasar untuk knalpot Anda,
8 Ruang bakar.
9 Katup buang.
10 Saluran buang.
11 Exhaustmanifold.
12 Catalytic converter.
13 Muffler.
Umumnya komponen dalam sistem pembuangan terdiri dari :
Kepala silinder, dimana pipa pembuangan dimulai, kecuali pada mesin dua langkah dimanasaluran pembuangan ditempatkan dibagian bawah dinding silender.
Exhaust manifold atau exhaust header, dimana pipa dari
beberapa ruang bakar/silinderbergabung.
Catalytic converter untuk menurunkan kadar gas beracun, CO,
HC dan NO
Knalpot, pipa untuk mengalirkan gas hasil pembakaran.
Peredam suara atau disebut juga muffler yang berfungsi untuk
meredam suara. Pada sepeda motor, peredam bunyi ada di dalam knalpot, Selain itu pada motor keluaran terbaru di dalam knalpotnya ada part yang namanya catalytic converter
atau katalis. Part ini berfungsi sebagai penghilang kandungan berbahaya
akibat proses pembakaran seperti hidrokarbon. “Part ini berfungsi
menekan kadar emisi gas buang dari sisa pembakaran.
Untuk Proses dan Cara Pembuatan Knalpot Bisa anda simak selengkapnya di video berikut ini :
Bagaimana Caranya membuat Knalpot sendiri di rumah dengan alat - alat sederhana, yuk kita pelajari caranya !