Cara Potong Rambut Sendiri Di Rumah Dengan Tehnik Yang Mudah - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

Cara Potong Rambut Sendiri Di Rumah Dengan Tehnik Yang Mudah

Cara Potong Rambut Sendiri
Adakalanya ketika suatu saat kita tidak bisa atau tidak sempat ke salon untuk memotong rambut kita di sana, sementara rambut di kepala kita setiap hari semakin terus bertumbuh dan menjadi panjang, mengakibatkan rambut kita menjadi tidak tertata dengan rapih, khususnya bagi pria akan terkesan urakan karena rambutnya gondrong, jika memang terjadi demikian maka solusinya adalah belajar memotong rambut kita sendiri di rumah atau minta tolong pasangan kita untuk membantu memotongkan dan merapihkan rambut kita. Ternyata jika kita pelajari dengan baik, pekerjaan memotong rambut bukanlah hal yang sulit, hampir sama seperti kita memotong bahan - bahan prakarya sewaktu kita sekolah dulu, tentunya harus dengan sedikit hati - hati dan dengan memperhatikan model rambut yang akan kita bentuk, agar hasil potongan rambut kita nanti terlihat rapih dan sesuai dengan model rambut yang di inginkan. Untuk mempelajari bagaimana cara paling mudah memotong rambut sendiri di rumah, kita akan bahas langkah demi langkahnya di bawah ini, silahkan di simak baik - baik agar anda tidak canggung lagi saat hendak memotong rambut sendiri atau minta bantuan pasangan anda untuk memotongkannya di rumah, Nah apa saja peralatan yang di butuhkan untuk memotong rambut sendiri ? apakah hanya perlu sebuah gunting ? Jika anda menginginkan hasil potongan rambutnya rapih dan sesuai dengan model rambut sewaktu anda potong rambut di salah atau barbershop, tentu saja tidak hanya sebuah gunting saja yang harus anda siapkan ? tentu saja ada beberapa jenis gunting khusus untuk potong rambut yang perlu anda ketahui, salah satunya gunting penipis rambut atau gunting sasak satu sisi, jika anda tertarik untuk coba memotong rambut sendiri di rumah, maka silahkan anda simak sampai tuntas artikel ini.


Berikut Contoh Gunting Khusus Untuk Menggunting Rambut Yang Ada Di Pasaran.

Secara umum memang ada banyak sekali jenis gunting rambut yang tersedia di pasaran baik jenis gunting, ukuran gunting sampai dengan merek dan kwalitas gunting rambut itu sendiri, namun anda tak perlu binggung mau pakai gunting yang mana untuk bisa cepat mahir memotong rambut sendiri di rumah dalam kondisi seperti sekarang ini ! Sebelum masuk ke materi langkah - langkah untuk praktek langsung proses pemotongan rambutnya maka kita akan bahas sejenak mengenai beberapa jenis gunting rambut yang paling cocok untuk kita yang baru mau belajar memotong rambut !

Sebagai Pemotong dadakan atau pemula, anda biasa membeli gunting rambut yang compact agar lebih mudah saat digunakan. dengan panjang 6 - 7 inci - atau sekitar 15 - 17 cm,  dan sebelum membeli gunting rambut tersebut, jangan lupa perhatikan juga kedua dua lubang yang  terletak pada gagang atau pegangan gunting, yaitu lubang untuk ibu jari dan jari manis, sebaiknya anda  pilih ukuran lubang yang pas dengan ukuran jari anda agar lebih nyaman saat digunakan untuk memotong rambut anda sendiri nantinya.


Contoh Gunting Rambut Untuk Pemula



Jika anda ingin memiliki 1 set gunting rambut, untuk sementara cukup 3 jenis gunting rambut berikut ini yang anda perlukan yaitu Gunting Rambut biasa ukuran 7 Inci atau 17 Cm, Gunting sasak satu sisi untuk penipis satu sisi ukuran 7 inci dan  Gunting penipis dua sisi ukuran 7 inci - Gunting sasak akan sangat berguna untuk menipiskan rambut yang tebal dan ikal sehingga rambut dapat di potong dengan mudah dengan mengikuti model rambut yang kita inginkan, lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini !





Di atas kita sudah mengenal jenis - jenis gunting rambut yang akan kita gunakan untuk memotong Rambut kita nanti, langkah selanjutnya kita akan pelajari tahap - demi tahap proses memotong rambut yang paling mudah dan gak pake ribet.

Langkah Pertama adalah Tahap Persiapan, Sebelum memotong rambut, sebaiknya rambut di cuci terlebih dahulu atau istilahnya Keramas dulu, dengan menggukan Shampo dan Conditioner Rambut yang sudah biasa anda gunakan dan cocok dengan karakter rambut anda, agar rambut sebelum di potong lebih lenbut dan basah. Bagi anda yang memiliki rambut yang tebal dan mudah kusut pemakaian conditioner sebelum potong rambut akan sangat membantu saat di sisir.



Cara Potong Rambut Wanita : Basahi dulu rambutnya hingga setengah basah dan menghasilkan tekstur rambut yang lembab dan mudah dipotong, kemudian kuncir  rambunya ke atas sampai membentuk sebuah pony tail, caranya cukup mudah, yaitu dengan menyisir rambut ke bagian atas dan agak ditarik sedikit kemudian ikat dengan menggunakan ikat rambut dengan kuat, contohnya bias lihat pada gambar.





Langkah Berikutnya tinggal tarik pony tailnya ke arah depan wajah kita dan kemudian sisir dengan menggunakan sisir brush atau oval, lalu posisikan rambut sejajar dengan wajah kita, atau tepat di atas hidung,  kemudian mulai potong bagian bawah rambut dengan ukuran panjang yang diinginkan, Potonglah dengan bentuk potongan sama rata dan sama panjang.

Langkah selanjutnya kita bias gunakan  memotong rambut dengan posisi gunting ke atas atau istilahnya tehnik chopping, lalu Potong secara acak bagian bawah rambut untuk mendapatkan kesan lebih natural dan bentuk acak pada potongan gaya layernya, lalu urailah setengah dari pony tailnya dan  kemudian angkat sisanya ke atas, kemudian bentuklah pony tail baru dan bawalah pony tail tersebut ke arah depan wajah, kemudian potong sedikit bagian bawah rambut secara merata dan lakukan chopping. Setelah itu, kembali posisikan pony tail ke depan wajah untuk kemudian sedikit dipotong secara merata di bagian bawahnya supaya membentuk layer cantik pada rambut anda.

Langkah terakhir yaitu melepas pony tail dan membiarkannya terurai bersama rambut lainnya kemudian Sisirlah rambut anda dan lihatlah hasil dari potong rambutnya, untuk membuat model rambut yang lain silahkan Pilih dan tentukan Gaya rambut yang cocok dengan bentuk wajah anda, jika tidak ada gambaran maka bias lihat di majalah atau di internet Misalnya Bentuk wajah yang oval adalah bentuk wajah yang cocok dengan segala jenis gaya rambut, berbeda halnya jika bentuk wajah Bulat, model rambut yang cocok adalah Bentuk atas yang bertingkat memberikan kesan rambut penuh dan tinggi dan rambut yang ditipiskan di bagian bawah tulang pipi akan berfungsi untuk membentuk wajah agar terlihat lebih panjang pada bagian wajah serta memberikan ilusi garis dagu agar terlihat lebih tirus.

Cara Potong Rambut Pria :  Langkah Pertama Pastilah Cuci Rambut dulu ya guys ! Kalau malas cuci rambut alias keramas, kalian bisa basahi rambut dengan semprotan burung, Rambut yang agak basah akan lebih mudah untuk dipotong dan diatur dibandingkan dengan rambut yang kering.





Kemudian siapkan cermin yang agak besar agar lebih mudah melihat kepala kita di cermin saat proses pemotongan rambut di lakukan, kemudian siapkan cermin ke dua untuk melihat bagian belakang kepala kita, jika sudah siap maka proses pemotongan rambut bisa di mulai, dan jika kita menggunakan gunting untuk memotong rambut maka potonglah rambut bagian samping terlebih dahulu dengan cara
Sisir dahulu rambut bagian samping ke satu arah yang sama, kemudian gunakan tangan untuk mengangkat dan menjepit rambut sebelum dipotong, kita juga bisa memakai sisir sebagai penganti jepitan jari, untuk lebih jelasnya bisa simak Video Tutorial di Bawah ini :


 




Pada saat memotong rambut bagian belakang bias gunakan cermin ke dua dan lakukan proses pemotongan yang sama seperti ketika memotong rambut bagian samping,  jika pakai alat cuku bias mencukur dari arah bawah ke atas, langkah berikutnya adalah memotong rambut bagian atas, mulailah memotong rambut bagian atas dari area rambut di dekat telinga dulu, dengan cara Jepit rambut dengan tangan atau sisir agar terlihat rata dengan hasil potongan bagian samping  dan mulailah memotong sesuai selera anda, dan langka selanjutnya adalah memotong rambut bagian depan atau poni, Jumput sedikit bagian poni dan jepit dengan tangan atau sisir lalu gunakan gunting rambut untuk memotong pendek poninya, janga lupa perhatikan cermin di depan  anda agar hasil potongan poni rambutnya terlihat rapih dan rata.


Selain cara - cara yang sudah kita bahas di atas, Tentu saja Masih Banyak Cara dan model potong rambut baik pria maupun wanita yang bisa kita pelajari dan praktekan langsung sendiri di rumah, yuk kita pelajari cara !